244 views

Budayakan Literiasi di Madrasah, Siswa MAN 1 Grobogan Ikuti Pelatihan Penulisan Artikel Populer

MAN 1 Grobogan Online – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Grobogan menggelar Pelatihan Penulisan Artikel Populer bagi pelajar SMA sederajat Kabupaten Grobogan, Selasa kemarin. (21/3)

Kegiatan yang bertempat di Aula Dinarpusda ini diikuti oleh perwakilan SMA/SMK/MA se-Kabupaten Grobogan, salah satunya MAN 1 Grobogan.

Acara dibuka oleh Priyo Dwiyanto, Kepala Bidang Perpustakaan Dinarpusda Grobogan mewakili Kepala Dinarpusda. Dalam sambutannya, Priyo mengajak para peserta pelatihan untuk menggunakan kesempatan ini untuk menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman dalam menulis artikel.

“Silakan manfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam dunia tulis menulis. serap sebanyak-banyaknya ilmu dari pemateri berpengalaman dalam kegiatan ini.” pesan Priyo.

Priyo juga menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan bakat menulis pelajar SMA/SMK/MA se-Kabupaten Grobogan.

“Nantinya tiga artikel terbaik akan kami ikutkan lomba penulisan artikel populer tingkat provinsi mewakili Kabupaten Grobogan.” ujar Priyo serius.

Sri Penny Alifiya Habiba, pemateri pelatihan menyampaikan materi tentang penulisan artikel. Mulai dari pengertian, ciri-ciri, dan cara yang tepat dan benar untuk menulis artikel. Selain itu Ia juga menyampaikan tentang konsep literasi.

“Literasi bukan sepenuhnya membaca ya, guys. Tetapi literasi adalah konsep yang harus kita ketahui untuk keseharian kita. Mampu bergerak, menempatkan sesuatu pada tempatnya itu termasuk berliterasi, loh. Kita naik motor dan selamat termasuk keberhasilan kita dalam mengembangkan literasi.” tutur Penny dengan gaya yang membuat seluruh pendengar terkesima.

Setelah materi selesai, acara dilanjutkan dengan pengoreksian karya-karya dari peserta pelatihan, dengan harapan agar peserta dapat memperbaiki karyanya. Baik dari segi teknik penulisan maupun cara memparafrasekan ide dan gagasan. 

“Jika kamu mau menjadi penulis yang baik, maka jadilah pembaca yang baik pula.” pesan perempuan yang akrab dipanggil Bunda Penny ini kepada para peserta pelatihan.

Wita Usika Oktaviani, siswi XI MIPA 2 yang mewakili Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Grobogan dalam acara pelatihan penulisan artikel populer mengaku bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk dirinya dalam mengembangkan minat menulisnya.

“Seneng sekali ya bisa ikut acara pelatihan ini, bisa nambah pengetahuan dan pengalaman saya dalam menulis.” ucap Wita semringah.

Setelah mengikuti kegiatan ini, Wita juga berharap suatu saat  mampu mengharumkan nama baik madrasah dan kabupaten Grobogan melalui bakat menulis yang Ia miliki.

“Wita ingin bawa nama baik madrasah dan kabupaten melalui karya Wita.” Harap siswi yang memang memiliki minat besar dalam tulis-menulis.

Seperti yang sudah diketahui, tiga artikel terbaik karya perwakilan dari peserta pelatihan akan diikutsertakan dalam lomba penulisan artikel tingkat provinsi. (fahmi ulum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *